Sunday, March 9, 2014

digg

Saat bepergian atau ketika anda sedang berlibur dengan menggunakan trasnportasi kapal laut kadang membuat sebagian orang mual, pusing dan mabuk laut. Itu hal wajar yang sering terjadi bagi sebagian orang yang baru pertama kali naik kapal atau bahkan yang sudah sering naik kapal. Entah apapun penyebabnya, berikut kami share sedikit tips cara menghindari mabuk laut ketika anda beperpian menggunakan kapal laut:


  • Sebelum memulai perjalanan laut, persiapkan diri anda dengan baik seperti tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi secukupnya (jangan terlalu kosong dan jangan terlalu ke kenyangan saat memulai perjalanan, perut yang terisi menghindari anda dari masuk angin) supaya tubuh anda dalam kondisi fit dan bugar.
  • Minum obat anti mabuk sesaat sebelum memulai perjalanan seperti: antimo, dramamine, stugeron, Antangin/Tolak Angin (20-30 menit sebelum perjalanan). Usahakan meminum sebelum mau naik kapal atau ketika masih di darat. Akan percuma ketika anda meminum setelah naik kapal atau setelah mabuk laut.
  • Hilangkan pikiran anda atau ingatan anda tentang mau naik kapal dan akan mabuk laut, usahakan tetap rileks atau bayangkan ketika anda berada di suatu tempat yang indah.
  • Saat anda berada di kapal, usahakan agar pandangan tetap fokus kedepan, duduk dengan fokus kedepan, jangan duduk menyamping dan kondisi badan jangan terlalu membungkuk dan pandangan kebawah atau kesamping, ini akan membuat lebih cepat merasa mual dan mabuk laut.
  • Ketika kapal sudah jalan dan ada sedikit gangguan gelombang yang mengakibatkan kapal goyang-goyang, usahakan tetap rileks, tenang, ambil nafas dan keluarkan dengan pelan dan ikuti arah kapal yang goyang, jika kapal goyang kekiri anda ikuti ke kiri dan jangan pernah dilawan atau ditahan, karena akan mengakibatkan cepat mual, tetap rileks dan hilangkan rasa ketakutan anda.
  • Jika berada di kapal, carilah tempat duduk atau bangku yang terbuka dan udara yang alami sambil menikmati pemandangan laut, ini salah satu cara ampuh menghindari mabuk laut karena perasaan anda tentang mabuk laut akan hilang ketika melihat pemandangan laut yang indah, hindari tempat duduk yang pengap atau ber-AC yang padat penumpang dan berbau, kadang hal seperti ini cepat bereaksi untuk mabuk laut.
  • Anda bisa menghilangkan pikiran atau ingatan anda tentang mabuk laut dengan cara tidur yang rileks, ini juga bisa membantu anda untuk menghindari mabuk laut.
  • Hindari tempat-tempat kapal yang berbau solar atau sejenisnya, karena bau tersebut dapat membuat anda menjadi pusing.
  • Hindari penumpang lain yang sedang mabuk laut, jangan dilihat ataupun di dengarkan karena ini bisa bereaksi untuk anda, tetap rileks dengan mendengarkan musik, main game, dsb.
  • Jangan minum minuman yang memacu jantung lebih cepat, seperti alkohol, soft drink, coffe dan yang lainnya
  • Jika sudah merasa mual dan pusing, sebaiknya muntahkan saja, jangan pernah ditahan atau melakukan sesuatu yang berbahaya bagi diri anda. Dengan memuntahkan akan membuat anda merasa lebih enakan dan setelah itu oleskan minyak kayu putih kebagian perut, leher dan sambil menghirup aroma minyak kayu putih tersebut.
Semoga tips ini bisa bermanfaat dan dapat membantu anda ketika bepergian menggunakan kapal laut...."
Categories:
Open Trip Karimunjawa bulan Juni, July, Agustus 2017..Buruan Booking dari sekarang..!!